Mengatasi “System Battery Voltage is Low” pada Komputer atau Laptop

Pada dasarnya peringatan “System Battery Voltage is Low” disebabkan karena habisnya baterai sistem, apa itu baterai sistem? Battery System kita kenal dengan nama Baterai CMOS. Baterai ini sendiri berfungsi sebagai baterai untuk BIOS. BIOS bisa terjaga tanpa aliran listrik berkat adanya hardware yang satu ini, Letaknya pun berdekatan dengan hardware bios itu sendiri.

Apa itu bios? Apa bios itu penting?

BIOS merupakan hardware khusus yang sangat penting bagi komputer, dia berfungi sebagai tenaga kejut untuk semua unit komputer agar bisa hidup. Saat kita menghidupkan komputer akan muncul display seperti “msi, hp, asus, gigabyte, dll” itu adalah merk dari BIOS yang kita pakai, yang bersifat read only dan bersifat permanen.

Apa peringatan system battery voltage is low berbahaya?

Peringatan ini biasanya ditunjukkan oleh bios tertentu, tidak semua bios menampilkan alert seperti ini. Perlu diingat jika daya dari batterai CMOS itu sendiri habis maka BIOS tidak akan bisa hidup.

apa akibat terburuk jika baterai cmos habis?

Jika baterai CMOS habis, maka bios tidak akan bisa menerima signal dari tombol power dan signal itu tidak akan sampai pada CMOS melalui motherbord. Jadi jika baterai CMOS habis, komputer akan mati total.

Bagaimana solusinya?

Solusi dari winexpert tentunya adalah dengan segera mengganti baterai CMOS. Baterai cmos sangat murah, jadi jangan khawatir hehehe. Harganya hanya 2.000 – 5.000 rupiah, jika kita bawa ke tempat service maka biaya bisa sampai 50.000 – 500.000 rupiah, wah bisa segitu ya?
untuk itu kita sarankan agar mengganti baterai CMOS itu sendiri, hitung – hitung belajar 🙂 .

Sekian dari kami, semoga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *