Komputer Tidak Bisa Hidup? Berikut Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sering terjadi kasus seperti ini, komputer bisa tershutdown dengan baik, tapi saat kita menghidupkan kembali komputer tidak mau menyala, bahkan lebih parahnya, saat kita menekan tombol power, tidak terjadi apa – apa.
Berikut winexpert merangkum beberapa kemungkinan penyebab komputer tidak mau menyala, tetapi sebelum lanjut ke pembahasan alangkah baiknya jika anda mempunyai masalah seperti ini check dulu keadaan monitor, sudah terkoneksi dan menyala dengan baik.

Berikut beberapa penyebab komputer tidak menyala.

1. Power Cable yang bermasalah

Sebelum ke ruang lingkup Main Unit komputer ada baiknya memeriksa, apakah ada aliran listrik yang mengalir dari kabel power yang kita pakai, jika kita periksa dan tidak ada aliran listrik yang masuk cek stop kontak yang kita pakai. Jika keduanya mempunyai keadaan yang baik, mari kita lanjut ke troubleshoot selanjutnya.

2. Power supply bermasalah

Meskipun kemungkinannya kecil tapi hal ini perlu diperhatikan, pastikan keadaan power supply masih bagus, jika ada bau gosong atau sejenisnya, harus dengan segera diganti, karena peranan power supply sangat penting di komputer kita, winexpert sarankan memilih minimal memiliki label 80+ ya temen – temen hehehe.

3. Batterai CMOS habis

Hal ini sering ditemukan oleh komputer – komputer lama, begitu sering penggunaanya sampai baterai dari CMOS sendiri habis (tidak ada dayanya). Baterai CMOS sangat penting fungsinya untuk menghidupkan BIOS, jadi jika BIOS tidak bisa hidup maka komputer tidak bisa hidup.

4. RAM Bermasalah

Komputer tidak menyala, saat power ditekan hidup sesaat, terus mati kembali. Besar kemungkinan RAM merupakan penyebabnya, coba bersihkan RAM dengan penghapus serta bershikan slot RAM, jika masih mati menyala, mati menyala, coba ganti RAM dengan RAM lainnya yang sudah pasti normal.

5. Prosessor bermasalah

Prosessor bermasalah juga merupakan salah satu komputer tidak menyala, bisa menyala dalam kasus tertentu, tapi tidak akan tampil apapun, itu adalah ciri – ciri prosesor kita bermasalah, menjaga prosesor agar tetap berfungsi normal adalah dengan menjaga suhu dari prosesor, pastikan kipas (heatsink) pada komputer tetap bersih ya temen – temen.

6. Motherboard bermasalah

Meski jarang ditemukan hal ini bisa saja terjadi karena korsleting pada motherboard, motherboard bisa terbakar dan gosong, jadi kemungkinan komputer untuk menyala tidak ada hehehe. Hati – hatiย  ya temen – temen jangan sampai terkena air, apalagi keadaan komputer sedang menyala ๐Ÿ™‚ .

Sekian, itu adalah beberapa tips dari kami, jika ada masalah lebih lanjut kami dengan senang membatu anda ๐Ÿ™‚ . Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *