Berikut, Kenali Tanda – Tanda Hard Disk akan Rusak

Harddisk merupakan komponen yang memiliki peranan sangat penting di komputer atau laptop. Harddisk sendiri merupakan media penyimapanan utama di komputer atau laptop, semua file, dari file dokumen, backup recovery sampai file sistem semuanya tersimpan dan tergantung dengan hardware yang satu ini.

Kerusakan harddisk ini pun bervariasi, ada suatu kasus dimana harddisk akan mengalami penurunan peforma sedikit demi sedikit, dilain sisi harddisk bisa mengalami penurunan peforma secara signifikan, bahkan ada yang langsung tidak bisa digunakan.
Berikut winexpert telah merangkum beberapa ciri – ciri harddisk akan rusak,

1. Loading booting (Welcome / Starting Windows) lama

Hal ini tidak semata – mata dikarenakan harddisk bisa juga karena windows update, starting program yang berlebihan. Akan tetapi loading windows yang terlalu lama (20 menit – 2 jam) merupakan salah satu ciri – ciri harddisk sudah memiliki kecepatan baca yang lama. Sebenarnya dalam kasus tertentu, ini bisa dikelabuhi dengan melakukan reinstall OS akan tetapi penurunan peforma pada harddisk akan tetap terlihat dari waktu ke waktu.

2. Membuka File Explorer yang terlalu lama

Saat windows menjalankan program explorer, tentu yang akan dibaca oleh windows adalah harddisk dimana file – file tersimpan. Jika kita mendapati terlalu lama membuka explorer, besar kemungkinan harddisk mengalami penurunan peforma.

3. Copy atau Paste file yang terlalu lama

Copy paste merupakan hal yang sering kita lakukan, jika suatu harddisk memiliki kecepatan write yang lama, ini merupakan salah satu ciri – ciri harddisk memiliki penurunan peforma.

4. Membuka file atau folder yang terlalu lama

Membuka file yang terlalu lama merupakan salah satu ciri – ciri harddisk bermasalah, dalam membuka file, perananan ini dipegang oleh processor, RAM dan juga harddisk. Tetapi dari 3 komponen ini yang paling rentan bermasalah adalah harddisk.

5. Membuka program atau aplikasi yang terlalu lama

Installasi aplikasi tentunya akan tersimpan di media penyimpanan utama kita yaitu harddisk, jika kita mendapati terlalu lama menunggu saat membuka aplikasi, itu juga merupakan salah satu ciri – ciri harddisk mengalami penurunan peforma.

Jika terjadi beberapa hal – hal seperti di atas, segera backup dan ganti harddisk, dikarenakan kerusakan pada harddisk akan sulit untuk diperbaiki, jikalau ingin melakukan recovery itu pun tidak akan cepat, biaya perbaikan harddisk juga tidak murah loh 🙂 .

Sekian dari kami, semoga dapat membantu. Jika ada yang ditanyakan kami dengan senang membantu anda 🙂 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *