Cara Install WordPress Melalui cPanel Terbaru

WordPress merupakan platform andalan untuk setiap Blogger, karena di WordPress fitur yang disediakan lebih kompleks dan mudah dimengerti untuk pemula. Di wordpress juga banyak pilihan plugin – plugin yang sangat berguna untuk setiap blog, misalnya sebagai : Personal Blog, Content Creator, Online shop, Company Profile, dan lain sebagainnya.

Bagaimana  cara install WordPress di Domain Baru? Berikut Caranya:

  1. Login ke cpanel,
    Untuk akses cpanel sendiri biasanya mempunyai alamat url : namasite.com/cpanel
  2. Setelah login scroll kebawah dan temukan menu “Softaculous Apps Installer
  3. Cari dan masuk ke “WordPress” App
  4. Setelah  masuk ke page WordPress kemudian pilih “Install Now
  5. Setelah klik “Install Now” kemudian pilih tipe WordPress yang akan diinstall, disini kita memilih sesuai kebutuhan karena WordPress versi lama dan versi baru memiliki kelebihan dan kekuranggannya sendiri – sendiri (anda bisa mendowngrade ataupun upgrade wordpress untuk kedepannya). Disini saya akan menggunakan WordPress versi terbaru.
  6. Setelah memilih versi, langkah  berkutnya adalah “Memilih URL yang akan kita installi WordPress” disini kita memilih domain yang telah terpasang di cpanel kita, Saya sarankan pada “Choose Protocol” langsung pilih yang “https” ya, karena sekarang ini banyak browser bahkan hampir semua menggangap “http” sudah tidak aman lagi.
  7. Langkah berikutnya, menambahkan Nama Website dan Deskripsi Website.
  8. Setelah membuat judul dan desktripsi, masukkan atau buat User Admin baru beserta alamat E-mailnya yang akan kita gunakan untuk login ke “wp-admin” nantinya. Pastikan password Strong, untuk keamanan website.
  9. Selanjutnya pilih bahasa.
  10. Setelah itu, kita akan diberi pilihan memasang plugin wordpress yang bisa kita install bebarengan dengan proses intallasi wordpress, Anda bisa melewati proses ini, anda bisa memasang plugin setelah wordpress terinstall.
  11. Selanjutnya terdapat menu “Advanced Option“, anda bisa langung melewati step ini, jika tidak diperlukan, disini kita bisa mengatur nama database yang akan kita gunakan untuk website kita, menentukan table prefix, mengatur auto update dan menu backup.
  12. Langkah selanjutnya memilih Tema (Theme) yang akan kita gunakan, (anda bisa menggantinya setelah wordpress terinstall) pastikan memilih tema yang bersahabat ya 🙂
  13. Setelah memilih tema, lalu kita klik “Install“. Kita bisa mengirim detail installasi wordpress ke alamat email kita dengan cara memasukkan email kita ke dalam”Email installation details to:
  14. Tunggu proses hingga selesai 🙂 , anda bisa mengakses wordpress melalui “/wp-admin” kemudian login dengan user yang telah kita buat di step nomer 8.

Sekian, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *