Mengenal Apa itu Ransomware, Mengatasinya dan Cara Mencegahnya

Memiliki perangkat seperti komputer tentu memiliki resiko kerusakan, baik dari segi hardware maupun software. Bicara tentang kerusakan sistem software tentu tidak akan lepas dengan apa yang namanya virus. Virus sendiri mulai menyerang sejak 1986 dan hingga sekarang ini semakin berkembang dan semakin sulit untuk diatasi. Salah satu virus yang berkembang adalah Ransomware, sejak kemunculannya di tahun 1989 bernama AIDS Trojan, virus yang satu ini semakin berkembang pesat penyebarannya, bahkan hampir setiap hari muncul jenis – jenis Ransomware baru yang siap menginfeksi korbannya.

Apa itu Ransomware?

Ransomware sendiri adalah salah satu jenis virus yang bekerja dengan cara mengenkripsi data korban dan meminta tebusan untuk mengembalikan file yang terinfeksi. File yang terenkripsi sendiri bukan hanya satu, bahkan parahnya jika kita tidak segera menghentikan program virus yang berjalan, semua file di harddisk kita akan lenyap seketika dan akan berubah menjadi file dengan nama ekstensi yang aneh.

Bagaimana cara mengembalikan file yang telah terinfeksi?

Tentunya kita tidak akan membayar untuk mendapatkan file kita kembali, apalagi yang para pencuri file inginkan tidaklah sedikit bisa puluhan hingga ratusan juta per file. Usut punya usut ternyata file juga tidak pasti dikembalikan oleh penyerang meski kita telah membayar dan mengirim email ke penyerang, haha.
Mengembalikan file yang telah terinfeksi ransomware tidaklah mudah, tetapi banyak perusahaan-perusahaan Antivirus besar yang telah menemukan obat untuk Ransomware – ransomware ternama seperti WannaCry, Jigsaw, TeslaCrypt, dll.

Cara Mencegah Ransomware masuk di komputer kita

Bagaimana cara antisipasi virus yang satu ini?
Mengantisipasi virus mudah dilakukan, asal diri kita pribadi berhati – hati. Pertama – tama kita kenali bagaimana penyebaran virus yang satu ini:
– Melalui Email
– Melalui Aplikasi
– Melalui Iklan
– Melalui Popup
Cara antisipasi:
– Tidak mendownload aplikasi sembarangan dari website yang terlihat mencurigakan
– Memasang adblock di browser
– Jika penyebaran melalui email, jangan sembarangan membuka lampiran dari pengirim yang mencurigakan
– Memasang antivirus di komputer, pastikan antivirus ternama seperti Malwarebytes, TrendMicro, dll
– Jika anda menginstall Aplikasi, tapi membuka jendela download terlebih dahulu, hentikan segera bisa jadi itu Ransomware
– Tidak menggunakan software bajakan, kebanyakan ransomware bersarang pada software bajakan
– Aktifkan windows defender, windows defender bisa menjadi pengaman layer kedua, untuk antivirus anda.

Demikian artikel kita mengenai Ransomware, semoga bisa membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *