Mengatasi Komputer Not Responding Saat Membuka File Explorer

File Explorer merupakan menu sentral di Windows, sangat dibutuhkan untuk menjelajahi file yang kita punya. Tapi dibeberapa kasus di Windows 10, banyak kita temui masalah saat membuka menu yang satu ini, yaitu masalah not responding atau tidak merespon, bahkan bisa terjadi hingga beberapa menit baru Windows akan merespon.

Kenapa masalah ini terjadi?

Not Responding di File explorer terjadi dikarenakan menu “Quick access” di Windows yang tidak merespon, fitur yang satu ini sering kali lama dalam merespon karena fitur ini perlu mencari file yang terakhir kita buka & folder yang terakhir kita buka, dan itu sangat mengandalkan kecepatan respon dari Harddisk dan RAM, jika cache pada Windows yang tersimpan di harddisk cukup banyak, maka Quick access akan lama dalam merespon dan itu membuat menu Explorer not responding saat membuka Quick access.

Cara mengatasi

Cara mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan mematikan fitur Quick access, pilihan lainnya adalah upgrade laptop / komputer, misal dari HDD ke SSD dan penambahan RAM dan tentunya memerlukan biaya yang cukup lumayan, untuk itu mematikan fitur yang satu ini adalah opsi terbaik mengingat fitur yang satu ini jarang terpakai, berikut cara mematikan fitur Quick access.

  1. Buka salah satu file, tanpa membuka Quick access.
    Misal disini saya membuka direktori file Word Klik kanan > Open file location
  2. Pada pojok kiri atas Pilih File > Option
  3. Pilih Clear pada Clear File Explorer History
  4. Uncheck pada menu Show recently used files in Quick access & Show frequently used folders in Quick access.

  5. Pada menu Open File Explorer to ganti dari Quick access ke This PC
  6. Apply terus OK

  7. Selesai, coba buka File Explorer kembali

 

Sekian tutorial dari kami, semoga bisa membantu, jika ada masalah atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *